Pelatihan Pemanfaatan Aloe Vera (Lidah Buaya) menjadi Produk Makanan dan Kosmetik di Islamic Center Tanjung Priok

pengmas1

pengmas2

Pada Rabu, tanggal 25 Januari 2017 telah dilakukan Pengabdian Masyarakat oleh Dosen-dosen Program Studi Teknik Kimia FT-UMJ, bertempat di Jakarta Islamic Center (JIC) Tanjung Priok.  Pengabdian masyarakat kali ini bertema Pelatihan Pengolahan Lidah Buaya (Aloe Vera) menjadi Produk Makanan Minuman dan Kosmetik. Pelatihan ini diikuti oleh Ibu-ibu Majelis Taklim yang berjumlah sekitar 40 orang. Pengabdian masyakarat ini dikoordinir oleh Bapak Ir. Suratmin Utomo, M.Pd dan diikuti oleh Ibu Sekretaris Jurusan Teknik Kimia Alvika Meta Sari, ST.,M.Chem.Eng., Ibu Dr. Ir. Ismiyati, MT, Ibu Ir. Hartini, Ibu Ir. Athiek Sri Redjeki, MT, Ibu Dr. Ir. Ratri Ariatmi Nugrahani, MT., Ibu Yustinah, ST., MT., Ibu Ummul Habibah Hasyim, M.Chem.Eng., Ibu Wenny Diah Rusanti, ST., MT, Ibu Susanty, S.Si., M.Si, dan Ibu Ika Kurniawaty, ST., MT.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini oleh Pengurus JIC, diikuti dengan sambutan dari Koordinator Pengabdian Masyarakat, Bapak Suratmin Utomo. Selanjutnya sambutan dari JIC oleh yang mewakili Ketua BM JIC Drs. KH. A. Shodri, HM. Pelatihan di awali dengan Paparan oleh ibu Alvika dengan Tema Budidaya dan Pengolahan Lidah Buaya. Selanjutnya setelah Paparan Budidaya lidah buaya, peserta dibagi 2 (dua) kelompok, yaitu peserta pelatihan pengolahan makanan dan minuman dan kelompok ke-2 peserta pelatihan pengolahan sabun dan lotion lidah buaya.

Para peserta sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Pada sesi terakhir dilakukan Tanya jawab dan penyampaian kuis dengan hadiah bibit lidah buaya, pelepah lidah buaya dan produk-produk olahannya. Pada kesempatan pelatihan ini, sempat pula dilakukan penjajagan peluang kerjasama antara Sekjur TK UMJ dengan salah satu pengurus JIC yang dalam hal ini di bawah binaan Dinas Sosial DKI Jakarta.

Written by 

solevisible