Kuliah Umum “Berbagi Wawasan dan Keilmuan dari Jerman”

November 2018, Program Studi S1 dan S2 Teknik Kimia Fakultas Teknik UMJ lagi-lagi menggelar Kuliah Umum. Dalam setiap Kuliah Umum yang diselenggerakan memang selalu dikemas secara apik dan berbobot dari segala aspek baik Narasumber ataupun Tema yang diangkat, seperti halnya Kuliah Umum kali ini Narasumber yang dihadirkan adalah seorang anak bangsa yang telah melanglang buana jauh ke benua biru. Beliau adalah Dr. Ing Suhendra.  Pria kelahiran Jakarta 17 November 1975, adalah ilmuwan Indonesia yang bekerja pada Badan Penelitian Jerman, BAM (LIPI-nya Jerman) untuk bidang material explosive. Alumnus Universitas Diponegoro Semarang itu berhasil bekerja sebagai peneliti di Jerman setelah meraih gelar doktor di sebuah universitas teknik di Jerman. Uniknya, Suhendra yang ahli di bidang metal explosive itu membiayai kuliahnya dengan bekerja serabutan dan mengumpulkan botol bekas.

Tema yang diangkat kali ini adalah BERBAGI PENGALAMAN STUDI, RISET, DAN KOLABORASI AKADEMIK DI JERMAN MENGHADAPI ERA BARU INDUSTRI. Sebagaimana tema yang diangkat, peserta yang hadir pada acara tersebut benar-benar bisa mengambil berbagai pengalaman hidup serta wawasan dan keilmuan yang pernah dikecap oleh sang Narasumber. Sebuah kesempatan yang sangat berharga bagi para mahasiwa-mahasiswi Prodi S1 dan S2 Teknik Kimia UMJ.

Disampaikan pada kesempatan yang sama, secara kompak Kaprodi S1 dan S2 Teknik Kimia UMJ yaitu Ibu Dr. Nurul Hidayati Fithriyah (Kaprodi S1) dan Ibu Dr. Tri Yuni Hendrawati (Kaprodi S2), bahwasanya untuk mencetak lulusan yang tidak hanya hebat dari sisi keilmuan, namun juga berkarakter kuat salah satunya adalah dengan membuat/menyelenggarakan acara serupa seperti ini. Dapat ditarik kesimpulan bahwasanya hal seperti ini adalah bentuk tanggung jawab Prodi S1 dan S2 Teknik Kimia UMJ sebagai lembaga pendidikan dalam mencetak mahasiswa-mahasiswi yang hebat. Bravo Teknik Kimia UMJ

Written by 

solevisible