Kuliah Umum “Ardian Nengkoda, Ph.D” 03 April 2017 Teknik Kimia FT-UMJ

kuliah_umum_1 kuliah_umum_2

3 April 2017, Jurusan Teknik Kimia FT-UMJ melaksanakan Kuliah Umum dengan tema “Karir dan Riset Di Industri Migas”. Kuliah umum ini menghadirkan Ardian Nengkoda, Ph.D sebagai narasumber. Acara berlangsung di Auditorium FT-UMJ dengan dihadiri oleh Mahasiswa Mahasiswi beserta Dosen – Dosen  Jurusan Teknik Kimia pada khususnya dan FT UMJ pada umumnya. Acara ini dimulai dengan sambutan yang diberikan oleh Ketua Jurusan Teknik Kimia FT-UMJ Ibu Nurul Hidayati Fithriyah,ST., M.Sc., Ph.D. Dilanjutkan dengan sambutan Ibu Wakil Dekan 1 FT-UMJ; Ibu Dr.Ir. Triyuni Hendrawati.,M.Si sekaligus membuka secara resmi kegiatan Kuliah Umum tersebut.

Ardian Nengkoda merupakan Sarjana Perminyakan dan orang Asia pertama yang memenangkan penghargaan bergengsi internasional, SPE Project (Society of Petroleum Engineers) Regional Award Middle East untuk kategori Project, Facilities and Construction pada tahun 2015, serta GPA (Gas Processors Association) 2015 di San Antonio Texas, Amerika Serikat. Namanya juga pernah ramai diberitakan di media Indonesia sebagai salah satu kandidat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Ardian Nengkoda juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum IATMI periode 2014-2016. Saat ini beliau ingin mendedikasikan ilmu dan pengalamannya yang telah banyak bergerak di indsutri perminyakan bagi kemajuan bangsa dan negara melalui generasi muda. Sebagai moderator dalam acara ini adalah Bapak Muh. Reza Husaeni,ST., M.E.Sc., beliau adalah salah satu Dosen Teknik Kimia FT-UMJ.

Kuliah Umum ini diawali dengan pemaparan – pemaparan dari Narasumber, dilanjutkan dengan interaksi secara langsung kepada peserta kuliah umum. Motivasi dan cara penyampaian materi yang disampaikan oleh narasumber membuat peserta antusias, mahasiswa mahasiswi berlomba untuk memaparkan seperti apa keingan dan harapan mereka untuk kemajuan diri sendiri, keluarga dan NKRI.

Pada akhir acara Ardian Nengkoda,Ph.D memberikan tantangan kepada mahasiswa dalam bentuk team project  membuat karya tulis ilmiah (KTI). Batas waktu pengumpulan KTI dibatasi selama 1 bulan, bagi KTI terbaik akan mendapatkan sertifikat rekomendasi dari Ardian Nengkoda,Ph.D. Dari kuliah umum ini diharapkan membawa motivasi positif bagi para mahasiswa dan mahasiswi agar dapat menjadi sarjana dengan kemampuan yang siap bersaing.

Written by 

solevisible