JURUSAN TEKNIK KIMIA FT UMJ SELENGGARAKAN KUNJUNGAN INDUSTRI KE PT CHANDRA ASRI PETROCHEMICAL UNTUK MEMBEKALI MAHASISWA

[gdl_gallery title=”CHANDRA_ASRI” width=”IMAGE_SRC” height=”IMAGE_HEIGHT” ]

 

Salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah kunjungan industri. Mengawali semester genap 2015/2016 ini, jurusan kembali mengadakan kunjungan industri ke satu-satunya pabrik monomer olefin di Indonesia, yaitu PT Chandra Asri Petrochemical, Tbk. (CAP) di Cilegon pada tanggal 15 Maret 2016. Kunjungan yang diikuti secara antusias oleh 34 mahasiswa tingkat akhir dan juga 7 orang dosen, yaitu Wakil Rektor III UMJ, Bapak Irfan Purnawan, ST, MChemEng, Ketua Jurusan Teknik Kimia UMJ, Ibu Nurul Hidayati Fithriyah, ST,MSc,PhD, Sekretaris Jurusan, Kepala Unit Laboratorium Operasi Teknik Kimia, dan tiga orang dosen pendamping lainnya.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan maksud untuk mengenalkan dunia industri khususnya petrokimia kepada mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengambil mata kuliah Kerja Praktek maupun tugas akhir Pra-rancangan Pabrik Kimia, sehingga diharapkan mahasiswa mempunyai gambaran nyata tentang proses maupun alat industri kimia yang digunakan dalam industri. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang dapat mengaplikasikannya ke dalam tugas akhir mereka. Hal inilah yang disampaikan oleh Ketua Jurusan Teknik Kimia FT UMJ. Pada kesempatan ini juga Ketua jurusan memberikan apresiasi terhadap PT CAP yang sudah menerima kunjungan industri ini dengan baik, juga berharap akan ada kerjasama – kerjasama yang lainnya seperti kerja praktek bagi mahasiswa.

Kunjungan ini diterima dengan tangan terbuka oleh pihak management PT CAP yang diwakili oleh Bapak Tommy Utama (Humas) dan Bapak Helminus Moesa (Technical Advisor). Bapak Helmi sangat menyambut baik kunjungan ini dan dapat berbagi ilmu kepada pihak akademisi dan mahasiswa. Bapak Helmi memberikan penjelasan tentang proses produksi terintegrasi (pengilangan nafta, produksi monomer olefin dan polimer) di PT CAP ini dengan jelas dan detail, karena sama – sama berasal dari background yang sama yaitu Teknik Kimia. Diskusi berjalan dengan hangat dengan pertanyaan tidak hanya dari mahasiswa tapi juga dari dosen.

Setelah penjelasan proses produksi, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Lokasi 2 Polypropylene Plant yang dulu dikenal sebagai PT Tripolyta dan saat ini sudah diakuisisi oleh PT CAP. Bapak Tommy menegaskan agar para peserta mematuhi peraturan yang ada demi keselamatan bersama. Mahasiswa melihat bagaimana bentuk dan dimensi dari tangki penyimpan dan alat – alat yang lain pada skala industri. Mahasiswa dapat melihat aplikasi mata kuliah Teknologi Polimer, Alat Industri Kimia dan juga Perancangan Alat Proses secara langsung di pabrik dan juga menambah wawasan tentang industri petrokimia, ujar salah satu mahasiswa. Beberapa mahasiswa tertarik untuk melaksanakan kerja praktek di pabrik ini. Kunjungan ini ditutup dengan sesi foto dan pertukaran cindera mata.

Selanjutnya rombongan menyempatkan kunjungan singkat studi banding ke Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik Industri, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) di Cilegon. Pada kunjungan ini rombongan disambut Kepala Laboratorium, dan diajak melihat fasilitas laboratorium praktikum/penelitian, serta bertukar informasi tentang kegiatan jurusan berupa seminar, publikasi jurnal, dan pelatihan/sertifikasi profesional bidang K3, serta kegiatan himpunan mahasiswa berupa kompetisi, kuliah umum, dan lainnya.

Written by 

solevisible