FAKULTAS TEKNIK UMJ SELENGGARAKAN SEMNASTEK 2017 DAN LAUNCHING MAGISTER S2 TEKNIK KIMIA MENUJU UMJ BERKEMAJUAN

banner semnastek2017

Rektor UMJ Prof. Dr. Syaiful Bakhri, S.H., M.H memberikan opening Speech tentang pentingnya pengembangan teknologi menuju kemandirian bangsa. Key note Speaker Bapak Dr. Muhammad Dimyati (Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti RI) memberikan paparan tentang penguatan SDM Riset Indonesia. Bapak Prof. Dr. Yanuarsyah Haroen (Guru Besar Institut Teknologi Bandung) memberikan materi tentang “Kendaraan Angkutan Massal Berbasis Rel Dan Strategi Jepang Dan Cina Dalam Menguasai Teknologi Kereta Cepat”. Bapak Ir. Deddy Harsono, MBA (Technopreneur, Owner PT Banshu Group & Ketua Ikatan Alumni UMJ memaparkan tentang SDM Industri yang kompeten dari kacamatan Industriawan.

Semnastek ini merupakan terobosan untuk dapat mewujudkan kerjasama Akademisi, Pemerintah (Kementerian, BPPT, LPI, BATAN), Industri, dosen, mahasiswa dan asosiasi untuk dapat mendesiminasikan “Aplikasi Energi dan Teknologi Maju Untuk Kemandirian Bangsa”. Menurut Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Budiyanto,MT Seminar Nasional ini diselenggarakan setiap tahunnya dalam partisipasi Fakultas Teknik dalam menuju pendidikan tinggi yang Terkemuka, Modern dan Islami. Pada kesempatan ini juga telah dilaunching program magister S2 Teknik Kimia, UMJ. Pada kesempatan ini juga dilakukan pembukaan Program Magister S2 Teknik Kimia yang dihadiri oleh Universitas kolega diantanya Universitas Jayabaya, Univ. Sahid, ISTA, ITI dan BPPT. Pembukaan ini dihadiri juga oleh Mahasiswa S2 Teknik Kimia angkatan pertama.

Dalam SEMNASTEK 2017 ini menurut Ketua Panitia Semnastek 2017 Dr. Ir. Tri Yuni Hendrawati, MSi,IPM menerima 280 makalah hasil penelitian dengan perincian: 210 makalah lolos seleksi dan 70 makalah tidak lolos seleksi oleh tim reviewer. Dengan sebaran bidang peminatan yaitu: Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Informatika dan Sains Teknologi Relevan. Makalah yang kami terima berasal dari Ujung Barat Aceh, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Bangka Belitung, Surabaya, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Madura, Bali, Maluku dan Jakarta serta Kupang NTT. Sehingga, SEMNASTEK 2017 memenuhi syarat sebagai Seminar Nasional dengan prosiding on line. Para sponsor Semnastek 2017 meliputi MR Group (Ir. Marwan Ramis), PT. United Tractors, Tbk, Bank Mandiri Syariah, PT. Berathi, PT. Banshu Grup, PT. Delapan Mata Angin, para alumni. Dalam acara ini ditampilkan Musik oleh Tim Mahasiswa Arsitek FT UMJ. Viva Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta dalam prestasi dan kolaborasi.

Semua karya penelitian ini dionlinekan di http://semnastek.umj.ac.id/index.php/semnastek dengan ISSN 2407-1846 eISSN 2460-8416 yang telah terindeks Google Scholar dan Portal Garuda Kemenristekdikti. Seminar Nasional ini diikuti oleh dosen peneliti dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, serta beberapa praktisi dan Industri, hal ini sekaligus sebagai ajang silaturrahmi, ajang komunikasi dan informasi dalam membahas perkembangan ilmu pengetahuan dan hasil riset/penelitian yang telah dilaksanakan. SEMNASTEK 2017, juga merupakan bentuk kepedulian Perguruan Tinggi dalam mengembangkan kegiatan riset dan penelitian di berbagai bidang keteknikan antara lain Rekayasa Energi, Energi alternatif, teknik telekomunikasi, Rekayasa perangkat lunak, peralatan alat berat di industri, serta sistem produksi. BRAVO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA. Capaian ini tentu saja tidak terlepas dari dedikasi dan komitmen seluruh Dosen, mahasiswa dan seluruh civitas akademika Fakultas Teknik, UMJ dan dukungan Rektor dan Dekan Fakultas Teknik dalam satu Payung Universitas Muhammadiyah Jakarta berkemajuan sebagai Perguruan Tinggi yang Terkemuka, Modern dan Islami. (Berita oleh : TYH)

Written by 

solevisible