Dosen Muda Teknik Kimia UMJ Belajar Pengembangan Publikasi Ilmiah dari BPP UGM

Ika Kurnaty ST., MT. Salah satu dosen muda Teknik Kimia UMJ telah menyelesaikan menimba pengalaman dan ilmu di Program Magang Pembinaan Dosen Muda yang diselenggarakan oleh  Direktorat Jenderal Sumber Daya IPTEK dan Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti. Berikut berita yang kami lansir langsung dari situs publikasi ugm

Perguruan tinggi berperan sangat penting dalam upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan daya saing bangsa. Agar peran yang strategis dan besar tersebut dapat dijalankan dengan baik, SDM perguruan tinggi haruslah memiliki kualitas dosen muda unggul. Sebagai SDM yang ada pada perguruan tinggi, dosen memiliki peran yang sangat sentral dalam semua aktivitas pendidikan.

Program Magang Pembinaan Dosen Muda merupakan program yang dikelola secara terpusat dan merupakan program nasional dari Direktorat Jenderal Sumber Daya IPTEK dan Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan memberikan pengalaman bagi para dosen muda sebagai tenaga akademik dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi.

Universitas Gadjah Mada telah beberapa tahun terakhir ini menjadi Perguruan Tinggi Pembina pada Program Magang Dosen Muda. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya PIKA sebagai koordinator pelaksana di tingkat Universitas. Salah program kegiatan yang disusun oleh UGM adalah kunjungan ke unit/ direktorat. Pada Selasa 17 Oktober 2017 bertempat di ruang rapat PIKA, 19 dosen muda peserta program ini mendengarkan pemarapan dari Sekretaris Badan Penerbit dan Publikasi UGM, Dr. Mutiah Amini, M.Hum. Dr. Mutiah menyampaikan materi mengenai pengelolaan penerbitan dan publikasi di UGM, dalam pemaparannya beliau menjelaskan strategi apa saja yang dilakukan BPP  untuk meningkatkan hasil publikasi ilmiah di UGM baik dari bidang jurnal maupun bidang publikasinya. Di bidang jurnal BPP memulai dengan pengelolaan jurnal berbasis OJS (open journal system), membentuk tim percepatan jurnal guna mendampingi secara intensif para pengelola jurnal dalam membenahi manajemen jurnalnya, menyelenggarakan workshop OJS Basic, workshop pendampingan akreditasi nasional dan indeksasi internasional. Di bidang publikasi BPP menyelenggarakan empat konferensi internasional tahunan guna menjaring naskah-naskah berkualitas untuk dipublikasi di jurnal-jurnal beruputasi internasional.

Sesi pemaparan berlangsung selama lebih dari dua jam, peserta sangat antusias bertanya selama pemaparan berlangsung, bagi para peserta berbagai strategi BPP dalam meningkatkan publikasi ilmiahnya tersebut menjadi pengetahuan yang berharga untuk dibawa kembali dan diterapkan di universitas masing-masing. (BPP UGM- Miftha)

Written by 

solevisible