Tentang Program Studi S1 Teknik Kimia UMJ


  • SEJARAH SINGKAT

    Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah pelopor pendidikan Teknik Kimia Swasta yang pertama di Jakarta yang telah berdiri sejak 1975. Berlokasi strategis di pusat Ibu Kota Negara, Teknik Kimia FT UMJ menyiapkan calon insinyur Teknik Kimia yang dibutuhkan diindustri dan institusi di kawasan Jabodetabek dan sekitranya.

    Sebagai penyelenggara pendidikan tertinggi dan terpercaya, Teknik Kimia FT UMJ didukung segenap staf pendidik berkualitas lulusan Perguruan Tinggi terkemuka di dalam dan luar negri. Teknik Kimia FT UMJ Insya Alloh siap mendidik calon teknokrat handal yang berkarakter islami, dan siap menjawab tantangan zaman. 

    STATUS JURUSAN

    • Gelar Lulusan S1 Teknik Kimia UMJ adalah Sarjana Teknik (ST)
    • Jurusan S1 Teknik Kimia saat ini memiliki Status Terakreditasi B

  • Visi

    Menjadi program studi teknik kimia yang terkemuka, modern dan islami untuk dapat berkontribusi pada pembangunan nasional pada tahun 2025

    Misi

    1. Menyelenggarakan pembinaan kehidupan Islami kepada civitas akademika Program Studi Teknik Kimia
    2. Menyelenggarakan proses pembelajaran dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi terkini.
    3. Melaksanakan penelitian dan publikasi yang inovatif bidang rekayasa teknik kimia dengan bidang fokus teknologi material, agroindustri, energi dan lingkungan.
    4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang dapat meningkatkan kesejahteraan.
    5. Mengembangkan sumber daya manusia (dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan yang berkualitas)
    6. Menjalin kerjasama yang produktif dan berkelanjutan dengan institusi pendidikan, riset, industri dan organisasi yang relevan.
    7. Menanamkan sikap profesionalisme dan jiwa kewirausahaan.