Sisihkan 16 Peserta, Startup Binaan Dosen UMJ Juarai Bootcamp Nexus

 

Dosen muda Teknik Kimia Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Muhammad Reza Huseini membawa tim Reduaction menjadi juara dalam kompetisi Startup Renewable Energy Bootcamp yang diselenggarakan New Energy Nexus Indonesia yang turut didukung oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Kompetisi berlangsung 29 Februari s.d. 1 Maret 2020 di Wework Nobel House Jakarta dan diikuti oleh 17 finalis startup.

Reza mengungkapkan, Reduaction mengusung konsep startup berbasis energi baru terbarukan dengan berbahan municipal solid waste. “Konsepnya dari sampah kita olah untuk memberikan nilai tambah. Karena Pemerintah sedang menggalakkan co-firing berbasis biomassa, kami mencoba memasukkan sampah ke dalam ide co-firing untuk substitusi batubara di pembangkit ataupun industri lainnya, “ujar dosen bidang lingkungan dan energi UMJ tersebut.

Menurut Reza perjuangan hingga meraih juara ini tidak mudah karena 16 finalis lainnya juga memiliki konsep yang sangat bagus dan bahkan beberapa sudah aplikatif di lapangan. “Alhamdulillah, tidak menyangka menjadi juara. Kami berharap ke depannya bisa terus berkembang dan bersaing menjadi startup EBT yang sustain di Indonesia serta tentunya menyerap lulusan UMJ yang koheren dengan startup ini” jelas Reza.

Reduaction sendiri berawal dari keresahan pengelolaan sampah yang belum terintegrasi optimal, khususnya di Jakarta. Reduaction juga melibatkan 1 orang alumni teknik kimia UMJ yakni Nabil Mahasin dan salah seorang mahasiswi aktif Teknik Kimia UMJ Annisa Setiawan.

Sebagai informasi, New Energy Nexus Indonesia merupakan sebuah perusahaan yang berbasis di USA yang memiliki program Energy Smart Incubation dengan fokus memberikan dan menyediakan penasehat bisnis langsung dan layanan dukungan untuk tim startup yang berfokus pada usaha energi yang inovatif, cerdas dan bersih. Nexus membantu para pengusaha energi pintar di Indonesia meliputi melaksanakan strategi masuk ke pasar mereka, menyediakan akses ke jaringan lokal dan internasional, dan terhubung dengan calon investor dan mitra bisnis strategis, juga menawarkan lokakarya langsung dan program pelatihan yang disesuaikan dengan masing-masing model bisnis.

Written by