Program Go Green dan Tahsin

Mengawali Tahun Ajaran 2019/2020, Jurusan Teknik Kimia Universitas Muhammadiyah Jakarta menggagas 2 program baru yang mulai diterapkan pada semester gasal 2019/2020. Kedua program ini merupakan implementasi dari hablumminallah dan hablumminannaas yang berdasar pada beberapa ayat dalam Al Qur’an dan Hadits Rasulullah SAW. Sejatinya, kita tidak ingin menjadi manusia yang biasa-biasa saja. Kita ingin menjadi manusia yang lebih baik, bahkan yang terbaik. Rasulullah SAW bersabda, sebaik-baik manusia adalah:

  1. خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ (horizontal, hablumminannaas)Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain” (H.R. Ahmad)
  2. خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ (vertikal, hablumminallah)“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.” (H.R. Bukhari)

Implementasi hadits tersebut tertuang ke dalam 2 program baru di Jurusan Teknik Kimia, yaitu:

1. Program Go Green

Seiring dengan kondisi lingkungan kita yang semakin memprihatinkan, Jurusan Teknik Kimia UMJ bertekad untuk berkontribusi secara nyata dalam mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, dimulai dari yang kecil, dimulai dari Dosen, Mahasiswa dan Staff Jurusan Teknik Kimia, dimulai dari sekarang!

Implementasi Program Go Green di Jurusan Teknik Kimia Universitas Muhammadiyah Jakarta, untuk saat ini adalah sebagai berikut:

  • Gunakan air secukupnya dan matikan keran air jika selesai digunakan
  • Cabut kabel atau charger ponsel/laptop jika tidak digunakan
  • Buang sampah pada tempatnya (sesuai dengan jenisnya), disiapkan tempat sampah khusus di masing-masing lantai 1, 2 dan 3
  • Gunakan tempat bekal makanan/minuman yang dapat digunakan berulang kali (tersedia air minum untuk isi ulang di lab lantai 1 dan 2)
  • Cetak laporan Kerja Praktek, Penelitian, Skripsi dan laporan lainnya bolak-balik
  • Menggalakan penggunaan softcopy untuk materi/bahan ajar/tugas
  • Memastikan meja/kursi/papan tulis bersih, sebelum dan sesudah perkuliahan dimulai

Semoga dari yang kecil dan sedikit ini diharapkan dapat membuat kita semua menjadi lebih sadar akan lingkungan sekitar dengan mengubah gaya hidup kita untuk mengurangi tingkat polusi, sampah, pemborosan energi dan lain sebagainya.
 

2. Program Tahsin

Sebagai seorang muslim, apalagi menyandang nama Universitas Muhammadiyah Jakarta yang pada kurikulumnya, dan merupakan pembeda dengan kampus lainnya, ada penekanan khusus mengenai materi AIK (Al Islam dan Kemuhammadiyahan), tentu ingin memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan para sahabatnya RA. Apalagi jelas dalam Al Qur’an, Allah berfirman bahwa:

وَرَتِّلِ الْقُرْاٰنَ تَرْتِيْلً 

Dan bacalah Al-Qur’an dengan Tartil (Perlahan-lahan dan sesuai kaidah ilmu tajwid) (QS. Al Muzammil, 73:4).

Dalam hal ini, tartil berarti mengeluarkan huruf dari makhrojnya, memenuhi sifatnya (huruf) dan memperhatikan hukumnya

Dengan dasar itulah, maka Jurusan Teknik Kimia UMJ mewajibkan mahasiswa baru angkatan 2019 kelas A untuk mengikuti Program Tahsin ini secara berjenjang dan merupakan syarat untuk menempuh sidang Tugas Akhir 1 (Penelitian), Kerja Praktek dan Tugas Akhir 2 (Skripsi) sesuai dengan tingkat/levelnya. Sementara, untuk mahasiswa angkatan lain dan kelas lain (B dan C), dihimbau untuk juga mengikuti program ini (sunnah muakkad).

Catatan:

  1. Sosialisasi Program Go Green dan Tahsin 2019 bisa diunduh pada link ini atau pada menu download.
  2. Mahasiswa baru kelas A angkatan 2019, wajib mengikuti placement test pada hari Jum’at, 13 Muharram 1441 (13 September 2019) mulai jam 13.30 wib s/d selesai.
  3. Mahasiswa angkatan lain dan kelas lain (B dan C) yang meu mengikuti Program Tahsin, bisa mendaftar pada link ini.
  4. Mahasiswa yang berminat jadi Tutor Tahsin, bisa mendaftar pada link ini.

Written by