Pelatihan Tutor Tahsin

Memulai program Tahsin 2019, Jurusan Teknik Kimia UMJ menggelar Pelatihan Tutor Tahsin yang diselenggarakan pada hari Selasa-Rabu, 17-18 Muharram 1441 / 17-18 September 2019. Pelatihan diikuti oleh 10 orang Mahasiswa yang terdiri dari 3 orang Ikhwan dan 7 orang Akhwat yang sudah melalui tahap seleksi sebelumnya. Pelatihan dibuka oleh Sekretaris Jurusan Teknik Kimia UMJ, Alvika Meta Sari, di ruang rapat Jurusan Teknik Kimia pada Selasa pagi. Dilanjutkan sambutan dari Koordinator Al Islam dan Kemuhammadiyahan Fakultas Teknik UMJ (AIK FT-UMJ), Didi Sunardi, kemudian ditutup dengan paparan Program Tahsin oleh Irfan Purnawan kepada para peserta yang hadir sebagai sarana sosialisasi dan diskusi terkait program tersebut dan korelasinya dengan Program BBQ FT-UMJ. Hadir juga Pembina Bina Baca Qur’an (BBQ) FT-UMJ, Suhur Samiun, sebagai nara sumber dan Imam of Training Program Tahsin. Setelah pembukaan selesai, peserta meninggalkan kampus FT-UMJ menuju lokasi Pelatihan di Rumah Qur’an, Serpong, Tangerang Selatan.

Pelatihan hari pertama dimulai dengan materi motivasi cinta Al-Qur’an dan pentingnya belajar dan mengajarkan Al-Qur’an oleh Ustadz Suhur Samiun. Kemudian dilanjutkan oleh Ustadz Indra Saputra Alhafizh, Pembina dan Pengasuh Pondok Qur’an Ibadurahman, Tangerang dengan materi makhorijul huruf dan harakat. Para peserta dan dosen Pembina begitu antusias mengikuti materi tersebut, terutama saat belajar mengenai makhorijul huruf menggunakan alat bantu tangan yang dipimpin dan dipraktikan langsung oleh Ustadz Indra. Peserta diberikan kesempatan untuk mengulang dan mempraktikan makhorijul huruf dengan alat bantu tangan baik secara berpasangan maupun di depan seluruh peserta.

Rangkaian pelatihan hari kedua dimulai dengan sholat tahajjud berjamaah yang dipimpin oleh Ustadz Suhur Samiun, dilanjutkan sholat subuh berjamaah dan tilawah. Sesi materi awal dimulai oleh Ustadz Suhur Samiun dengan topik Gunnah, hukum bacaan dan bacaan khusus. Materi dilanjutkan oleh Ustadz Aris Munandar dari LBQ Utsmani Condet dengan topik Pengenalan Metode Utsmani, Metodologi Pengajaran dengan Metode Utsmani dan juga mengajarkan sifatul huruf sebagai bekal tambahan untuk para tutor Tahsin diselingi games ringan untuk menghidupkan suasana.

Pelatihan diakhiri dengan evaluasi, diskusi dan penutupan oleh Ketua Jurusan Teknik Kimia UMJ, Nurul Hidayati Fithriyah. Pelatihan 2 hari ini tentunya belum cukup untuk mempersiapkan tutor Tahsin yang handal. Namun, pelatihan ini hanya sebagai pembuka/pendahuluan. In syaa Allah akan ada dauroh pekanan bagi para tutor untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka akan mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an. Semoga program ini dapat berjalan dengan lancar, diberikan kemudahan dan kelacaran dalam proses mencapai tujuan dalam membentuk generasi Qur’ani.

Written by